Takmir Masjid Asy-Syifa RSUD Dr. Iskak Bagikan 200 Takjil Tiap Hari

Pembagian Takjil dan Shalat Maghrib Berjamaah (foto: Budi)

TULUNGAGUNG,- Sejak hari pertama Ramadhan, pengunjung dan keluarga pasien RSUD dr. Iskak Tulungagung mendapatkan takjil gratis. Ini adalah program Takmir Masjid Asy-Syifa RSUD dr. Iskak kepada umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Pembagian takjil dilakukan setiap sore menjelang waktu berbuka puasa. Penerimanya adalah keluarga atau penunggu pasien rumah sakit. Tak kurang 200 lebih kotak makanan dibagikan setiap harinya. Pembagian dilakukan di tiga titik, yakni di serambi Masjid Asy-Syifa, ruang tunggu belakang dan ruang tunggu IGD.

“Takjil kami distribusikan mulai pukul 17.00 WIB. Panitia juga telah menyusun beberapa aturan dan standar dalam memberikan takjil,” kata Takmir Masjid Asy-Syifa RSUD dr. Iskak, dr. M. Mundir Arif, Sp. THT- KL.

Di masjid, takjil berupa air minum dan kurma juga dibagikan kepada jamaah. Usia solat jamaah, mereka juga diberikan santapan buka puasa.

Aktivitas ini berlanjut di malam hari dengan menggelar shalat tarawih berjamaah sekaligus kultum ramadhan. Demikian pula siang hari diselenggarakan pengajian. Para pendakwah mayoritas dari internal nakes/pegawai non-nakes RSUD yang memiliki keilmuan mumpuni di bidang kajian Islam maupun ketauhidan.

Khusus di hari Selasa (26/3/2024) kemarin, pengurus majid menghadirkan penceramah dari ulama Palestina yaitu Syaikh Dr. Ahmad Said Musammah. Dalam kultumnya beliau berpesan bagi umat islam di Indonesia harus memiliki kesamaan rasa dan mendukung Palestina yang kini tengah berperang. Minimal mendoakan untuk mereka.

“Bagi yang berkenan menyisihkan rezeki untuk beramal, takmir Masjid Asy Syifa juga menyediakan rekening yang akan disalurkan kepada saudara muslim di Palestina,” terang dr. Mundir.

Pada 10 hari terakhir Ramadhan nanti, akan digelar kegiatan itikaf di Masjid Asy-Syifa serta disediakan menu sahur. Panitia juga akan membagikan parsel pada hari ke-20 Ramadhan kepada warga yang membutuhkan.

“Semoga kita semua masih diberikan kesempatan untuk bertemu di Ramadhan selanjutnya dan mari bersama-sama kita isi kegiatan di bulan suci kali ini dengan kegiatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT,” pungkasnya.