TMMD 120 Kodim Bojonegoro Sejahterakan Masyarakat Desa

BOJONEGORO, – Kegiatan program TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa ke- 120 tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Kodim 0813 Bojonegoro di Desa Napis dan Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo, merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan dan mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan pemerataan pembangunan diwilayah pedesaan yang seimbang dan berkelanjutan.

“Program TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa saja, tapi juga membangun semangat dan kepercayaan masyarakat desa agar mampu mengelola potensi yang mereka miliki,” demikian disampaikan Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., selaku Dansatgas TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro, Selasa (21/5/2024).

Selain itu, kegiatan program terpadu dan lintas sektoral sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan Kodim 0813 Bojonegoro tersebut juga bisa memberikan efek luar biasa dalam upaya mensejahterakan kehidupan masyaraakat diwilayah pedesaan. “TMMD mampu menjadi program yang mampu mengentaskan kemiskinan, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tambah Dansatgas.

Camat Tambakrejo, Zenny Bachtiyar, mengatakan, dengan adanya program TMMD di Desa Napis dan Malingmati  sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat setempat baik fisik maupun non fisik. Kehadiran TNI dan Pemkab Bojonegoro mampu membawa warna dan nilai tersendiri.

Menurut Dia, kegiatan yang mengusung tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’ ini benar-benar dapat menyentuh apa yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti adanya layanan-layanan dari dinas teknis terkait juga sangat dirasakan manfaatnya. Hal ini terlihat dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan,¬† masyarakat cukup antusias bahkan layanan-layanan harus dikerjakan secara lembur di kantor.

Mewakili dua desa yang dipilih jadi sasaran kegiatan program TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap program TMMD ini bisa menjadi pemicu bagi Pemdes Napis dan Malingmati serta masyarakat untuk mengembangkan apa yang telah didapatkan dari program tersebut.

“Dan untuk sasaran fisik dari program TMMD ini dapat mempermudah akses bagi masyarakat dalam beraktifitas keseharian khususnya dalam meningkatkan perekonomian mereka,” pungkas Zenny Bachtiyar.

 

(Syamsul)