Pesan Pangdam V/Brw untuk Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 512/QY

Malang – Komandan Korem 083/Bdj, Kolonel Inf Setyo Wibowo S.I.P., M.Sos., mendampingi kunjungan kerja Pangdam V/Brw, Mayjen TNI Rafael Granada Baay beserta rombongan. Kunjungan ini dalam rangka memberikan pengarahan kepada anggota Yonif 512/QY yang akan melaksanakan Satgas Pamtas Statis RI-PNG Tahun Anggaran 2024 di Kotis Oksibil Papua, Jum’at(19/07/2024).

Dalam arahannya di hadapan 450 personel Satgas Yonif 512/QY, Pangdam V/Brw, Mayjen TNI Rafael Granada Baay menyampaikan bahwa para prajurit harus mempersiapkan diri menghadapi beberapa ciri-ciri daerah operasi. “Kalian harus fokus dan siap menghadapi bahaya di mana pun daerah operasi. Keberanian diperlukan, tetapi jangan konyol. Perlu perhitungan yang matang, cepat, dan akurat. Kalian hadir untuk menjaga dan melindungi rakyat dari gangguan dan ancaman karena kita berasal dari rakyat, untuk rakyat, dan akan kembali ke rakyat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pangdam menekankan pentingnya disiplin tinggi di daerah operasi yang penuh dengan kekerasan. “Tanpa disiplin, kita justru bisa melakukan kekerasan. Oleh karena itu, latih naluri tempur kalian dengan baik dan latih kedisiplinan. Pedomani setiap latihan dengan baik di tempat Pratugas nanti,” tegas Pangdam.

Pangdam juga mengingatkan tentang kesulitan yang akan dihadapi di daerah operasi, mulai dari makanan yang standar hingga kondisi yang berbeda. “Kalian harus banyak inisiatif dan jangan mudah putus asa. Gunakan akal dan pikiran, jangan diam. Daerah operasi penuh dengan penderitaan dan jauh dari kenyamanan. Meskipun jauh dari keluarga, anak, dan istri, manfaatkan teknologi untuk berkomunikasi, tetapi tetap patuhi disiplin tempur,” jelasnya.

Mengakhiri arahannya, Pangdam menyatakan keyakinannya bahwa jika para prajurit memahami dan menerapkan ciri-ciri daerah operasi yang telah disampaikan, mereka akan siap menggapai keberhasilan. “Kalian adalah kebanggaan negara. Tanamkan rasa dan jiwa patriotisme di medan tugas. Buat bangga keluarga, negara, dan satuanmu,” tutup Pangdam. (syamsul).