Pentingnya Jamban Pribadi Bagi Kesehatan Lingkungan

  • Whatsapp

Kapuas,– TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 Kodim 1011/KLK Kapuas kini sebagian anggota bertugas dilokasi pembuatan jamban milik warga. Upaya untuk menyelesaiakan pekerjaan disetiap lokasi terus dilakukan bersama warga masyarakat Desa Saka lagun kecamatan Pulau patek.

Perlu diketahui bahwa TMMD merupakan Program kegiatan yang membawa manfaat besar bagi masyarakat desa, karena dengan kegiatan TMMD ke 110 telah memberikan warna baru bagi kehidupan di Desa Saka Lagun. Karena masyarakat Desa Saka lagun Mempunyai semangat dan tekat serta kompak untuk menuju Desa yang maju dan Sejahtera.

Pembuatan jamban milik warga tentu merupakan wujud kepedulian dari TNI agar masyarakat desa dapat hidup sehat, baik itu jasmani maupun rohaninya. Karena dengan menjalankan hidup sehat tentunya lingkungan sekitar juga akan menjadi sehat. Untuk menuju kehidupan yang sehat selain dari pribadi tentu didukung dengan lingkungan sekitar, termasuk dengan mempunyai jamban yang bersih dan rapi.

Menurut Dansatgas Letkol Infantri Ari Bayu Saputro S.Sos, Sabtu (20/2/21) mengatakan, ” Jambanisasi merupakan salah satu program utama dalam kegiatan yang dilaksanakan TNI Manunggal Membangaun Desa (TMMD) 110 Kodim 1011/KLK Kabupaten Kuala Kapuas. Perilaku hidup sehat salah satunya agar masyarakat terhindar dari penyebaran covid -19. Selain itu program tersebut ikut membantu Kemenkes dalam upaya percepatan layanan sanitasi total masyarakat.”

Program TMMD ini dilaksanakan tiga kali dalam setahun pada 50 titik se Indonesia dengan jangka waktu pelaksanaan selama satu bulan dan melibatkan 150 orang pada setiap titiknya. Dalam Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 dengan memasukkan masalah jambanisasi yang merupakan bentuk Sinergi TNI AD dengan Kemkes RI.

Dengan membuat program Jambanisasi tentu merupakan jawaban kepada masyarakat yang sampai saat ini belum mempunyai jamban pribadi. Maka, dengan adanya bantuan program tersebut diharapkan masyarakat yang belum mempunyai jamban pribadi akan mengerti dan memahami akan pentingnya jamban serta menjaga kesehatan dilingkungan rumah. (*)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *