Gergaji Tradisional Juga Ikut Andil

  • Whatsapp

Kapuas,- Untuk mempersiapkan bahan bangunan dalam pembuatan jembatan yang ada di Desa Saka Lagun dalam pelaksanaan pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 110 Tahun Anggaran 2021, tidak hanya alat modern saja yang digunakan, melainkan alat tradisional juga ikut andil.

Seperti yang dilakukan oleh Sertu Musono, anggota Kodim 1011/KLK, dalam pemotongan kayu Galam yang akan digunakan untuk pembuatan jembatan masih menggunakan gergaji tradisional.

Menurut dia, gergaji tradisional ini juga sangat penting untuk pemotongan kayu-kayu kecil sehingga tidak memakan biaya seperti gergaji mesin yang harus diisi dengan minyak.

“Kita harus dapat menyesuaikan penggunaan alat, mana yang harus pakai mesin dan mana yang harus pakai alat tradisional karena alat-alat tersebut tentu penggunaannya sendiri-sendiri,” katanya, Senin (22/2/21).

Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan TMMD ini harus dapat memanfaatkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya agar dapat menekan biaya namun hasil dan kualitasnya tak kalah dengan yang memakai mesin atau alat modern.

“Harus jeli dalam menggunakan alat. Yang penting hasilnya juga cepat, bagus dan memiliki kekuatan yang sama dengan menggunakan alat mesin,” pungkasnya. (*)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *