Dapat Mengamalkan Pancasila Hidup Terasa Damai dan Nyaman

  • Whatsapp

Kapuas – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 Kodim 1011/KLK Kapuas, selain melaksanakan program kegiatan dalam pembangunan fasilitas fisik juga melaksanakan pekerjaan Non fisik demi tercapainya masyarakat yang maju dan sejahtera. Tentu dalam pelaksanaannya TNI dan rakyat harus kompak. Dengan gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan, masyarakat telah mengamalkan pancasila sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia yang tertuang dalam sila –sila Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Negara Indonesia memiliki Kebudayaan yang sangat tinggi nilainya baik dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Karena didalam sila – sila Pancasila antara sila pertama hingga kelima semuanya sangat berkaitan. Masyarakat meyakini bila dapat mengamalkan pancasila dari semua sila tersebut maka kehidupan akan terasa aman, tentram dan damai. Selain itu pembangunan juga akan dapat berhasil dengan baik dan merata, karena selalu berpedoman pada sila – sila tersebut dalam kehidupan sehari – hari.

Menurut Kapten Inf. Handoyo, Jumat (26/2/21) mengatakan,” Untuk melaksanakan sila – sila tersebut membutuhkan waktu yang panjang karena tidak seperti membalikan tangan dan perlu pemahaman disetiap jiwa masing- masing, tentunya dengan kesabaran yang tinggi. Apalagi untuk saat ini kita semua sedang menghadapi wabah pandemi covid -19 yang terjadi di Indonesia jangan sampai surut dalam mengamalkan sila –sila tersebut,semangat harus terus terbangun agar tujuan mensejahterakan masyarakat tercapai sesuai dengan harapan. “

Tentunya harapan tersebut diimbangi dengan Semangat gotong royong dan kebersamaan antara anggota TNI dan warga desa walaupun harus menggunakan Protokol kesehatan. Semanagat kebersamaan tersebut harus terus ditunjukan oleh TNI dan rakyat demi kemajuan wilayah tertinggal, sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat semakin kuat dan memang tak dapat terpisahkan.

Lebih lanjut ia mengatakan,” Tanpa adanya kerjasama yang kuat antara TNI dan rakyat maka pelaksanaan TMMD tidak akan terlaksana dengan sukses, karena keberhasilan dari TMMD ini tentunya berada ditangan rakyat.Kalau rakyat kompak maka TMMD pasti akan berhasil.” (*)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *