JUT dan Budidaya Semangka Harapan Petani Menuju Sejahtera

  • Whatsapp

Kapuas – Dansatgas bersama dengan Kades Saka Lagun mengunjungi lokasi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Kodim 1011/KLK Kapuas. Saat kunjungan tersebut Dansatgas didampingi oleh DanSSK, Kapten Handoyo, Camat pulau patek Drs.Yansen, M.si dan sejumlah perangkat desa Saka Lagun.

Desa yang mempunyai jumlah penduduk 2.093 jiwa dengan kepadatan 149,50 iwa/km dengan luas 14 km dan sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharaian sebagai petani, pedagang dan perantau, Desa Saka lagun akan menjadi desa yang maju untuk ke depannya.

Hal tersebut bukannya tanpa dasar, karena apa yang ada didesa Saka lagun sangat potensial untuk menjadi produk unggulan.

Salah satunya budidaya Semangka. Dalam kesempatan tersebut dukungan selalu diberikan Dansatgas kepada seluruh masyarakat dan kususnya kepada para petani agar terus memacu diri, mengembangkan kreatifitas, berpacu dengan waktu untuk dapat menuju desa yang sejahtera.

“Dengan adanya program kegiatan TMMD 110 saat ini semoga dapat membantu percepatan pembangunan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. Apalagi masyarakat Desa Saka Lagun juga sudah mampu mengembangkan budidaya Semangka yang menjadi produk unggulan dari petani. Dan yang lebih menggembirakan hasil produk Semangka tersebut sudah sangat dikenal oleh masyarakat di Kalimantan Tengah,” kata Zulkifli, Kepala Desa Saka Lagun, Jumat (5/3/21).

Dengan adanya budidaya semangka tersebut dirinya sangat berterima kasih sekali karena petani Desa Saka Lagun dapat meningkatkan hasil pertanian, sehingga kedepanya para petani akan mampu untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan desa Saka Lagun.

Dan dalam TMMD kali ini akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani untuk mendapatkann ilmu tambahan terkait pertanian dari satgas TMMD. Dengan begitu maka program TMMd akan berjalan sesuai dengan harapan dan tujuannya.

“Karena sebuah program dapat dikatakan berhasil apabila yang menjadi sasaran tersebut, menyambut dengan baik dan sangat antusias serta masyarakatnya berkiprah langsung dengan kompak dan terjalin kemanunggalan yang erat antara satgas dan rakyat,” tandasnya.

Namun semua itu tidak perlu diragukan lagi, karena masyarakat Desa Saka Lagun sangat bahagia dengan adanya TMMD Tahun 2021 kali ini. Mereka tidak hanya antusias namun juga ikut gotong royong, karena apa yang telah diimpikan kini telah menjadi kenyataan.Sungguh suatu kebanggaan bagi masyarakat Desa Saka Lagun secara keseluruhan. (*)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *