Satgas TMMD Kodim Bojonegoro Praktek Membuat Jamu Tradisional

  • Whatsapp

Bojonegoro – Kopda Adi beserta anggota Satgas TMMD ke-110 Kodim 0813/Bojonegoro berkunjung ke kediaman Mbak Renita, perempuan berusia 27 tahun tersebut merupakan pengracik sekaligus penjual jamu di Dusun Nglambangan RT.06/RW.03, Desa Tambakrejo, kabupaten Bojonegoro, Minggu (7/3/2021).

Jamu tradisional atau biasa disebut dengan jamu gendong merupakan tradisi serta budaya warga dipulau Jawa khususnya Jawa Timur. Hingga kini, jamu gendong masih banyak dijumpai diberbagai daerah di Jawa Timur, rasanya yang khas karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami serta khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan membuatnya masih menjadi incaran para warga, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kunjungan ini bermaksud guna mempelajari cara membuat jamu tradisional yang digeluti oleh Mbak Renita, ada berbagai macam jamu tradisional antara lain beras kencur, kunyit asam, sinom, pahitan, dan lain sebagainya. Meneruskan usaha orang tuanya, mbak Renita sudah menggeluti bidang ini kurang lebih 5 tahun terakhir ini.

“Senang rasanya bisa memberikan ilmu pembuatan jamu tradisional ini kepada para Satgas TMMD ke-110, semoga dapat bermanfaat bagi para petugas supaya bisa membuatnya sendiri dikemudian hari,” tambahnya.

Kopda Adi mengatakan, merupakan hal yang tidak mudah dalam pembuatan jamu ini. Butuh ketelitian dan racikan yang sesuai untuk menghasilkan rasa yang pas serta berkhasiat bagi kesehatan.

“Kegiatan ini menjadi salah satu sarana pendekatan sosial antara Satgas TMMD dengan warga Dusun Nglambangan, saya berharap pembuatan jamu tradisional ini tetap dapat dilestarikan supaya generasi selanjutnya tetap bisa menikmatinya,” tutupnya. (Pendim 0813)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *