*TMMD Ke 110 Pacitan Bangun Jalan Menuju Wisata Banyu Tibo*

  • Whatsapp

Pacitan-Tidak terasa pelaksanaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke 110 Kodim 0801/Pacitan Tahun Anggaran 2021 di Dusun Tumpakwatu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo akan berakhir.

Jumat (12/03/2021)

 

Masyarakat setempat mengaku telah merasakan manfaat dari pelaksanaan TMMD yang dimulai dari tanggal 2 Maret 2021 dan akan berakhir pada 31 Maret 2021 ini.

 

“Manfaat yang kami rasakan yakni dengan dibuatnya jalan karena lebih mempermudah aktivitas warga,” terang Kepala Desa Widoro

 

Sebelum adanya program TMMD kata jalan yang berada di tengah-tengah persawahan ini hanya memiliki lebar 1 meter dan masih berupa jalan setapak. Saat ini jalan tersebut diperlebar menjadi hampir 5 meter dan dibeton.

 

Dengan kondisi jalan sudah bagus lanjutnya, akses masyarakat Desa Widoro yang berprofesi sebagai petani lebih mudah ketika menuju sawah.

 

Apalagi wilayah ini juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya, sehingga diharapkan mampu mendongkrak ekonomi dengan datangnya para wisatawan di tengah Pandemi Covid -19.

 

Di sisi lain dengan baiknya akses jalan memunculkan sejumlah kekhawatiran. Salah satunya yaitu keinginan masyarakat menjual sawahnya, sehingga tidak menutup terjadinya alih fungsi lahan. Akses jalan usaha tani yang semakin bagus, seharusnya para petani makin sayang pada lahan persawahannya.

 

Terkait hal ini, Kades menegaskan pihaknya akan lebih ketat dalam melakukan pengawasan kepada masyarakat terutama yang memiliki sawah.

 

Menurutnya, dengan sudah baiknya akses jalan seharusnya membawa dampak positif. Selain mampu menaikkan hasil panen, masyarakat juga bisa menjadikan sawahnya sebagai obyek wisata Donorojo.

 

“Akses jalan ini harusnya untuk berinteraksi, bukan malah dijadikan kesempatan dengan membangun. Kalau sampai terjadi alih fungsi lahan, bagaimana nanti kita bisa bercerita kepada anak cucu mengenai Widoro, padahal Widoro ini telah menjadi kebanggaan kita sebagai masyarakat Donorojo”, tegasnya.

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *