Dorong Industri Rumahan, Satgas TMMD Bojonegoro Bantu Iris Porang

  • Whatsapp

Bojonegoro – Iles-iles atau porang adalah tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan, Tanaman ini mempunyai nama latin Amorphopallus oncophyllus. Orang kerap menyebutnya bunga bangkai jawa, porang, suweg atau iles-iles. Sebelumnya, tanaman berumbi ini dianggap sebagai tanaman tak layak jual.

Dengan lakunya tanaman iles-iles ini juga dimanfaatkan warga Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo yang menjadi pengepul Iles-iles. Dan saat melakukan proses pengiriman didampingi oleh Satgas TMMD ke-110, Kopda Puntiono.

Dari keterangan Kopda Puntiono, bahwa menurut Ibu Sulatri salah satu pengepul Iles Iles menyampaikan bahwa, kebutuhan iles-iles makin banyak lantaran kegunaannya cukup beragam.

“Tanaman ini digunakan sebagai bahan pengikat pembuatan tablet obat dan zat pengental dalam pembuatan sirup dan sari buah,” kata Kopda Puntiono..

Iles-iles juga menjadi bahan makanan sehat, setelah diolah menjadi jeli seperti konyaku.Tak heran, dalam dua tahun terakhir ini, permintaan iles-iles terus meningkat, baik dari dalam maupun luar negeri. Sayang, saat ini pasokan iles-iles belum bisa mengimbangi permintaan. (Pendim 0813)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *