Bangkitkan Warga Pelosok dengan Mengamalkan Nilai– Nilai Pancasila

  • Whatsapp

Kapuas, – Semangat gotong royong warga Desa Saka Lagun sudah tertanam sejak ratusan tahun silam, sehingga budaya gotong royong tersebut terus dilestarikan hingga sekarang oleh para penerusnya. Apalagi gotong royong yang menyangkut untuk kepentingan bersama, masyarakat Desa Saka Lagun tanpa ada komando mereka pasti datang dengan suka rela.

Budaya yang sangat membanggakan dan patut untuk dicontoh bagi daerah lain yang mungkin budaya gotong royong sudah mulai luntur ditelan jaman. Dengan budaya yang kuat tesebut tentu membuat program TMMD 110 Kodim 1011/KLK Kapuas berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Selain sambutan masyarakat yang begitu luar biasa sekaligus masyarakatnya begitu akif ikut gotong royong, sehingga pekerjaan dipastikan akan selesai lebih awal dari target yang telah ditentukan.

Namun kekompakan dan kebersamaan itu tak terlepas dari kenyamanan masyarakat ketika bersama dengan satgas TMMD. Dengan kenyamanan tersebut warga bekerja seperti tak mengenal lelah dan selalu aktif datang membantu satgas dalam mengerjakan semua sasaran fisik yang menjadi program TMMD 110 Tahun 2021. Sehingga TMMD 110 yang dilaksanakan telah membawa masyarakat Desa menuju kehidupan yang baru, baik secara fisik maupun non fisik.

Karena apa yang telah diimpikan selama ini telah menjadi kenyataan. Karena rogram yang dilaksanakan TNI sangat tepat sasaran itulah yang dirasakan oleh masyarakat Desa Saka Lagun dengan adanya TMMD 110 Kodim 1011/KLK Kapuas.

Bagi masyarakat Desa Saka Lagun dilihat dari sudut manapun TMMD 110 telah membawa keuntungan dan manfaat besar. Karena pembangunan infrastruktur semuanya tepat sasaran, sedangkan kegiatan non fisik juga telah dapat dirasakan oleh warga Desa dengan pola TNI dalam memberikan pendidikan dan wawasan kebangsaan.

Dalam melaksanakan semua kegiatan non fisik satgas selalu memberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, karena dengan wawasan tersebut, masyarakat dapat mengerti dan paham tentang kehidupan berbangsa dan bernegara serta kehidupan Bhineka Tunggal Ika maupun bagaimana masyarakat dapat mengamalkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari –hari.

Menurut Kades Saka Lagun Zulkifli, Kamis (18/3/2021),” Dengan mengamalkan nilai – nilai Pancasila tersebut masyarakat belum mengerti yang mana dan bagaimana.
Setelah mendapat ilmu dan contoh dari satgas mereka baru paham yang dimaksud mengamalkan nilai–nilai Pancasila tersebut, salah satunya dengan gotong royong dalam pelaksanaan program TMMD.”

Program TMMD di Desa Saka Lagun ini telah memberikan warna dan semangat yang berbeda. sehingga dengan adanya program fisik maupun non fisik telah menambah pengetahuan masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan secara fakta telah membawa perubahan besar pada semangat serta giat kerja masyarakat untuk membangun ekonomi maupun wilayah desanya agar segera bangkit dari ketertinggalan. (*)

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *