Cegah Konflik Sosial, Korem 083/Bdj Gelar Binkom AGHT Konflik Sosial

  • Whatsapp

Guna meningkatkan peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial, Korem 083/Bdj gelar acara Pembinaan Komunikasi AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) konflik sosial di Aula Yonif 512/QY, Jl. Ronggolawe No. 1 Malang. Rabu (06/4/2021).

Kegiatan yang bertema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial” di Malang Raya ,tersebut di hadiri oleh Kasi Intel Korem 083/Bdj Mayor Inf Juhok Sukmawan, SH. mewakili Komandan Korem 083/Bdj Kolonel Inf Irwan Subekti, Tim dari Pusintelad yang diketuai Kolonel Inf Wahyu Handoyo beserta Letkol Kav Depri Rio, Lettu Inf Priyo Cahyono, serta perwakilan mitra karib se-Malang Raya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Irwan Subekti yang diwakili Kasiintel Korem 083/Bdj Mayor Inf Juhok Sukmawan, SH. Menyampaikan bahwa kita sadari bersama perkembangan situasi secara global, regional maupun nasional sangat kompleks dan dinamis sehingga memberikan dampak besar bagi kehidupan kita dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. segala aspek kehidupan terus berubah secara tepat dan memaksa kita semua untuk dapat beradaptasi dalam menghadapi segala persoalan.

Saat ini kita sedang menghadapi ancaman dari dalam seperti menurunnya nilai-nilai kebangsaaan, nilai kebhinekaan dan nilai-nilai pancasila yang merupakan pondasi dan jiwa bangsa indonesia, kata Mayor Juhok

Maka dalam kesempataan yang baik ini kita bersyukur dapat menjalin silaturohmi dan saling berdiskusi bertukar pikiran dan informasi terkait AGHT, khususnya hal-hal yang berpotensi menjadi ancaman diwilayah kita, seperti masih adanya kelompok Radikal kanan dan Radikal kiri.

“Diharapkan dengan Binkom ini semakin dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas insan intelijen dalam menghadapi setiap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di wilayah kita ini,” ujarnya.

Ditambahkan Mayor Inf Juhok, terkait dengan perkembangan situasi, jajaran Korem 083/Bdj, hendaknya selalu bekerja sama dengan instansi terkait sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat segera diinformasikan dan dikoordinasikan kemudian dicarikan solusi terbaik.

“Saya juga mengajak kepada segenap komponen masyarakat se Malang Raya untuk bersama sama memajukan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia serta membantu para aparat TNI-Polri dalam mengamankan Malang Raya ini agar Malang Raya menjadi kota yang aman, nyaman dan damai,” pesan Kasiintel.

Sementara itu, ketua tim Pusintelad Kolonel Inf Wahyu Handoyo menyampaikan bahwasanya konflik-konflik yang ada di wilayah sangat berdampak kepada seluruh negara kesatuan RI, sehingga dari silaturahmi ini dapat diperoleh saran dan masukkan apa yang harus kita siapkan dan langkah apa yang harus kita wujudkan untuk memperkecil setiap kejadian-kejadian yang terjadi di wilayah.

Kolonel Wahyu mengajak kita semua untuk selalu bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah berbagai permasalahan yang terjadi.

Dirinya juga meminta kepada peserta Binkom untuk saling bertukar informasi dan melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada potensi konflik sosial di sekitar tempat tinggal masing-masing, sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian.

Selain menghadirkan Narasumber dari Pusintelad, kegiatan Binkom tersebut, juga menghadirkan Narasumber dari Kesbangpol Linmas Kota Batu. Bpk Badrut Taman Widarto.(penrem083).

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *