Bimtek Budidaya Lele, Program TMMD Ke 121 Kodim Probolinggo Tahun 2024 Non Fisik

Bimtek Budidaya Lele

PROBOLINGGO,- Satgas TMMD ke 121 Kodim 0820/Probolinggo bersinergi dengan Dinas Perikanan Pemkab Probolinggo menggelar bimbingan teknis budidaya ikan lele dengan sistem Resirculating Aquaculture System (RAS).

Bimbingan teknis budidaya lele sistem RAS tersebut, merupakan salah satu program non fisik dalam pelaksanaan TMMD ke 121 Kodim Probolinggo tahun 2024 yang berlokasi di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil.

Satgas TMMD ke 121 Kodim Probolinggo, Serda Cahyo Irman Wahyudi mengatakan, budidaya ikan lele imenggunakan sistem RAS yang merupakan sistem budidaya ikan dimana air dalam kolam disirkulasi kembali melalui proses yang membuat kotoran ikan, sisa makanan, senyawa dan gas beracun hasil efek samping dari kotoran ikan dapat dijebak dalam tangki pengendapan dan filtrasi.

Setelah melalui tahapan tersebut air kembali ke dalam kolam, kotoran dan senyawa yang berbahaya pun sudah hilang atau berkurang. Dengan proses tersebut air yang kembali ke kolam tetap stabil dan sehat sehingga bakteri tidak berkembang, kesehatan dan daya tahan ikan terjaga, nafsu makan ikan tidak menurun sehingga pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat.

“Sistem resirkulasi dalam budidaya ikan lele ini bertujuan untuk melakukan penghematan dalam penggunaan air dan ruang, kestabilan sistem dari gangguan cuaca dan lingkungan,” kata Serda Cahyo Irman Wahyudi, Rabu (7/8).

Ia menambahkan, bimtek budidaya ikan lele sistem RAS ini bertujuan memberikan pemahaman pada pembudidaya tentang kegiatan inovasi budidaya ikan lele menggunakan sistem RAS serta memberikanan pengetahuan tentang keunggulan dan kelebihan dari Budidaya ikan lele menggunakan sistem RAS.

“Harapannya dapat memberikan gambaran terkait kegiatan inovasi budidaya ikan lele sistem RAS, sehingga pembudidaya memiliki pengetahuan dan dapat mengimplementasikan inovasi dengan diketahui keunggulan dan kelebihan dari budidaya ikan lele menggunakan sistem RAS ini dapat meningkatkan hasil produksi ikan lele,”jelasnya.(Pendim 0820/PRB)