Menlatpur Kostrad, Satuan Baru TNI AD yang Jadi Garda Terdepan Cetak Prajurit Tangguh di Medan Tempur

Purwakarta-Resimen Latihan Tempur Komando Strategi Angkatan Darat (Menlatpur Kostrad) merupakan satuan baru di lingkungan TNI AD.

Menlatpur Kostrad dibentuk sebagai garda terdepan untuk melatih dan mempersiapkan prajurit-prajurit tangguh TNI AD guna menghadapi medan pertempuran.

Menlatpur Kostrad diresmikan oleh Panglima Kostrad (Pangkostrad) dalam sebuah upacara di Daerah Latihan Kostrad, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, pada Selasa (15/10/2024)

Upacara tersebut juga dirangkaikan dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon (Danyon) Satria Sandi Yudha Kostrad.

Pembentukan Menlatpur Kostrad merupakan implementasi dari Keputusan KSAD Nomor Kep/403/VII/2024. Satuan ini bertujuan untuk mencetak prajurit yang tangguh, jago perang, jago tembak, ahli bela diri, serta memiliki fisik prima, sesuai dengan semboyan “Yudha Nirbaya Bhakti” dari Kostrad.

Pangkostrad dalam sambutannya mengingatkan seluruh jajaran Menlatpur Kostrad untuk selalu menjaga kesiapsiagaan operasional.

Ia juga meminta jajaran Menlatpur Kostrad agar memandang tugas sebagai kehormatan serta tanggung jawab yang besar.

“Tugas yang kalian emban adalah kehormatan dan kepercayaan dari bangsa dan negara. Pelihara dan jaga kesiapan operasional satuan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Pangkostrad

Sementara itu, Komandan Menlatpur Kostrad Kolonel Inf Rudianto, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pangkostrad atas peresmian Menlatpur Kostrad.

Kolonel Inf Rudianto, menekankan pentingnya pembentukan prajurit yang unggul dan profesional dalam segala aspek, baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Kehadiran Menlatpur Kostrad ini menjadi bukti nyata dari komitmen dalam membentuk prajurit-prajurit Kostrad yang unggul dalam berbagai aspek,” jelasnya.

“Mulai dari kemampuan tempur, keahlian menembak, keterampilan bela diri, hingga kebugaran fisik yang luar biasa,” lanjutnya.

(syamsul88)