Cegah Penyebaran DBD, Jajaran Babinsa Kandangan Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Koramil 1003-04/Kandangan Gotong royong bersihkan lingkungan berantas DBD

HULU SUNGAI SELATAN – Ciptakan lingkungan yang bersih dan terhindar dari peneyebaran virus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1003-04/Kandangan bersinergi dengan Personil Puskesmas Kandangan melaksanakan pembersihan lingkungan perkantoran yang berada di Kelurahan Kandangan Kota Kecamatan Kandangan Kabupaten Huulu Sungai Selatan (HSS). Selasa (9/1/24).

Terpantau dilapangan personil Babinsa tanpa canggung masuk parit bergotong royong bersihkan kotoran yang menyumbat aliran parit dan menyebabkan adanya genangan air yang bisa dijadikan berkembang biayaknya nyamuk ataupun virus penyakit.

Ditempat terpisah Danramil 1003-04/Kandangan Kapten Arh Zaenal berikan penjelasan, kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan bersama Puskesmas Kandangan ini merupakan salah satu Upaya antisipasi penyebaran penyakit DBD serta terjadinya banjir di musim penghujan, terangnya.

Lebih lanjut di katakan kegiatan gotong royong ini juga sebagai contoh untuk mempelopori masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih terhindar dari virus penyakit.

Selain iti juga sosialisasi dan edukasi diberikan kepada Masyarakat untuk melakukan pencegahan terpaparnya penyakit DBD dengan selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3 M Plus. Kegiatan 3M ini meliputi pertama, menguras (membersihkan) bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, atau tatakan dispenser. Kedua, menutup rapat Tempat Penampungan Air (TPA). Bagi TPA yg tidak mungkin dikuras atau ditutup, bisa berikan larvasida. Ketiga, menyingkirkan atau mendaur ulang barang bekas seperti botol plastik, kaleng bekas.

Kegiatan gotong royong ini sebagai wujud kepedulian dan kehadiran Babinsa sebagai pembinaan wilayah untuk selalu menjadi pelopor mengatasi permasalahan di Tengah Masyarakat sesuai dengan tugas sebagai aparat territorial, tandas Danramil.

 

(Red_Syam)