TMMD Reguler Ke-121 Fokus pada Pembangunan Non-Fisik dengan Penanaman Tanaman Produktif

Satgas TMMD Tanam Pohon Buah

KAPUAS.-Program TMMD Reguler Ke-121 TA 2024 Kodim 1011 Kuala Kapuas membawa angin segar bagi masyarakat di Desa Manyahi, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah
Sementara banyak program TMMD biasanya dikenal dengan pembangunan infrastruktur fisik, edisi kali ini menonjolkan aspek non-fisik dengan penekanan pada penanaman tanaman produktif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan jangka panjang warga.

Penanaman tanaman produktif, seperti mangga, jeruk, dan durian, menjadi inti dari program ini. Berbeda dengan proyek fisik yang sering kali menghasilkan manfaat jangka pendek, penanaman tanaman buah ini dirancang untuk memberikan keuntungan ekonomi berkelanjutan.

Tanaman-tanaman ini tidak hanya akan memperbaiki kualitas lingkungan dengan mengurangi erosi dan meningkatkan kesehatan tanah, tetapi juga memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat ketika tanaman mulai berbuah dalam waktu sekitar tiga tahun.

Warga setempat, termasuk Heny, seorang ibu rumah tangga, menyambut baik program ini. Heny mengungkapkan harapannya bahwa tanaman yang ditanam akan segera memberikan manfaat bagi gizi keluarganya, khususnya buah-buahan kaya vitamin C yang penting untuk kesehatan. Selain manfaat kesehatan, Heny juga melihat potensi ekonomi yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka. Dengan demikian, TMMD Reguler Ke-121 TA 2024 menunjukkan komitmennya untuk tidak hanya membangun fisik tetapi juga membangun masa depan yang lebih baik melalui pendekatan yang lebih holistik. (Pendim 1011/KLK)