Satgas TMMD Ke 121 Kodim 0820/Probolinggo Lakukan Penulusuran Pipanisasi

TMMD Ke 121 Kodim 0820/Probolinggo Lakukan Penulusuran Pipanisasi

PROBOLINGGO,- Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Kodim 0820/Probolinggo bersama masyarakat Desa Kalianan, Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo melakukan penulusuran saluran program pipanisasi, Rabu (31/7).

Satgas TMMD ke 121 Kodim 0820/Probolinggo tahun 2024, Lettu Joni mengatakan bahwa saat ini pihaknya bersama sejumlah masyarakat Desa Kalianan memantau perkembangan sasaran fisik yang telah dikerjakan TNI dan sejauh mana akan membawa manfaat bagi warga setempat.

“Pipanisasi ini merupakan sasaran dalam program TMMD ke 121 Kodim 0820/Probolinggo tahun 2024, pipanisasi ini rawan muncul kendala, untuk itu akan kami pantau terus,” kata Lettu Joni.

Menurutnya, dengan pipanisasi ini masyarakat Desa Kalianan akan lebih mudah dalam mendapatkan kebutuhan akan air bersih.”Pipanisasi ini menjawab kebutuhan air bagi masyarakat Desa Kalianan sekaligus menjawab keluhan yang selalu kesulitan untuk mendapatkan air disaat musim kemarau,”ujarnya.

Lebih lanjut Lettu Joni mengungkapkan, kegiatan ini merupakan hal yang krusial khususnya bagi keberlanjutan sektor pertanian dan suksesnya program swasembada pangan.

Kekurangan persediaan air untuk lahan pertanian dapat berakibat fatal bagi hasil panen dan untuk menghasilkan hasil panen yang bagus kesediaan air harus tercukupi.

“Program pipanisasi menjadi salah satu solusi yang dapat diandalkan untuk mengatasi keterbatasan air, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun membantu para petani dalam mengakses air untuk mengairi lahan pertanian nya sehingga mendapatkan hasil yang optimal,”tuturnya.(Pendim 0820/Prb)