TINGKATKAN SINERGITAS, KOREM 083/BDJ GELAR KOMSOS DENGAN KOMPONEN BANGSA

MALANG-Korem 083/Bdj mengelar kegiatan Komsos dengan Komponen Bangsa lainnya (Pembinaan Komunitas) Semester II TA 2024 wilayah Korem 083/Baladhika Jaya bertempat di aula Untung Suropati Makorem 083/Bdj Jl. Bromo No 17 Kota Malang, Rabu, (31/7/2024).

Kasi Teritorial Korem 083/Bdj Mayor Inf Muji Wahono menyampaikan, Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangatlah pesat, sehingga segala sesuatu menjadi sangat mudah dan menjadi instan. Perkembangan teknologi membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Dampak positifnya adalah kemajuan teknologi informasi, kehidupan jadi lebih mudah dan efisien, mempermudah dan mempercepat akses informasi yang dibutuhkan, mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi, mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.

Sedangkan dampak negatifnya adalah berkurangnya nilai-nilai budaya bangsa, perubahan dan cara bergaul yang tidak sewajarnya, rasa sosial seseorang menjadi berkurang, manusia menjadi malas bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar. Ketertarikan dengan dunia teknologi menjadikan seseorang mengesampingkan interaksi sosial antar sesama secara langsung. Kemajuan teknologi menjadikan masyarakat lebih tertarik dengan jejaring sosial media untuk melakukan interaksi dengan sesama, sehingga terjadi degradasi nilai dalam interaksi sosial.

Dari dampak negatif tersebut, salah satunya yaitu berkurangnya interaksi sosial antar sesama manusia karena mereka lebih mementingkan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin berkembang.

Indonesia adalah sebuah masyarakat majemuk, kemajemukan ini ditandai oleh adanya suku-suku bangsa yang masing-masing mempunyai cara-cara hidup atau kebudayaan yang berlaku dalam masyarakat suku bangsanya sendiri-sendiri sehingga mencerminkan adanya perbedaan dan pemisahan antara suku bangsa yang satu dengan suku bangsa lainnya, tetapi secara bersama-sama hidup dalam satu wadah masyarakat Indonesia dan berada di bawah naungan sistem nasional dengan kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dengan adanya pluralisme tersebut, maka perlu adanya suatu wadah atau komunitas yang memungkinkan setiap individu saling berinteraksi secara sosial untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. TNI Khusunya Korem 083/Bdj sebagai bagian dari aparatur negara memiliki peran dalam upaya pembangunan negara salah satunya melalui pembinaan komunitas yang ada di wilayah dan jajarannya. (syamsul)