Pastikan Pipanisasi Lancar, Satgas TMMD Ke 121 Kodim Probolinggo Lakukan Pengecekan

Satgas TMMD Ke 121 Kodim Probolinggo Lakukan Pengecekan Pipanisasi

PROBOLINGGO,- Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 121 Kodim 0820/Probolinggo bersama masyarakat tanpa mengenal lelah terus melakukan pengecekan pipanisasi dalam program TMMD Ke 121 Kodim 0820/Probolinggo tahun 2024 yang mengambil titik lokasi kegiatan di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Satgas TMMD ke 121 Kodim Probolinggo, Lettu Inf Joni mengatakan bawah pengecekan dan pemantauan pipanisasi dalam program TMMD wajib dilakukan karena pipanisasi rawan, entah itu kerena faktor alam atau manusia.

“Jarak antara sumber mata air dengan pemukiman warga kurang lebih 3 kilometer dengan medan perbukitan yang cukup rawan, untuk wajib kiranya dilakukan pengecekan secara berkelanjutan,” kata Lettu Inf Joni, Minggu (4/8).

Ia menambahkan, pipanisasi air bersih adalah proses menghubungkan sumber air bersih ke pemukiman atau rumah tangga melalui jaringan pipa. Ini memungkinkan masyarakat untuk memiliki akses mudah dan terus-menerus terhadap pasokan air bersih yang aman.

Dusun Cocok, Desa Kalianan sebagai lokasi pelaksanaan TMMD untuk program pipanisasi memiliki kondisi geografis yang berada di lereng gunung berdampak pada infrastruktur dan ketersediaan pelengkap kebutuhan sehari-hari menjadi terbatas salah satunya adalah air bersih.

“Ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, pasalnya dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari tidak lepas dari penggunaan air, berangkat dari hal tersebut itulah pipanisasi program TMMD ke 121 Kodim 0820/Probolinggo kami laksanakan,”jelasnya.(Pendim 0820/PRB)