TMMD Ke 121 Kodim Probolinggo, Satgas Bersama Masyarakat Bersihkan Sumber Mata Air Darungan

Satgas bersama Masyarakat Bersihkan Sumber Mata Air

PROBOLINGGO,- Satgas bersama masyarakat dan kelompok sadar wisata melakukan kerja bakti membersihkan sampah dan ranting-ranting pohon di area Air Terjun Darungan, Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Minggu (11/8).

Air Terjun Darungan sendiri menjadi lokasi sumber mata air dalam pipanisasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Kodim 0820/Probolinggo tahun 2024.

Satgas TMMD ke 121 Kodim Probolinggo, Kapten Kav Abdul Hanan mengatakan, pembersihan di lokasi mata air wajib dibersihkan baik dari sampah ataupun ranting-ranting pohon yang dirasa menggangu.

“Pembersihan kali ini tidak hanya dilakukan oleh satgas bersama masyarakat tapi juga ada dari kelompok sadar wisata,” kata Kapten Kav Abdul Hanan.

Ia menambahkan, pihaknya memberikan perhatian khusus dalam kegiatan pembersihan dalam menjaga sumber mata air dari sampah. Air menjadi kebutuhan mendasar sehingga dengan merawat mata air yang ada berarti kebutuhan masyarakat terhadap air bersih akan tetap terjaga.

“Menjaga kebersihan mata air bertujuan agar debit air agar tetap mengalir sehingga bisa memenuhi kebutuhan warga Desa Kalianan akan air bersih
terpenuhi, mari menjaga alam dan lingkungan sebaik-baiknya sehingga alam pun mampu memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita,”ujarnya.

Lebih lanjut perwira berpostur tinggi tegap ini menegaskan, bahwa dengan menjaga alam dan lingkungan merupakan wujud syukur kepada Tuhan. Sumber air menjadi sangat vital sehingga butuh kesadaran bersama dalam menjaga ketersediaan air.

“Kita bersyukur atas anugerah kekayaan alam yang ada di desa ini termasuk sumber mata air yang ada saat ini,”tuturnya.(Pendim 0820/PRB)