Dandim 0105/Abar Bersama Forkopimda Aceh Barat Musyawarah Terkait Ketahanan Pangan

Musyawarah Ketahanan Pangan, Dandim 0105/Abar : Sektor Ini Termasuk Atensi Besar Dari Angkatan Darat

Aceh Barat – Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution bersama unsur Forkopimda melakukan Musyawarah Ketahanan Pangan guna membangun koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan distribusi pangan pokok serta pangan lainnya. Duek Pakat digelar di Aula B Gedung BKPSDM yang berlokasi di Jalan Ujong Beurasok Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan, Rabu (1/11/2023)

Program peningkatan diversifikasi dan Ketahanan Pangan masyarakat ini dimotori oleh Dinas Pangan Kabupaten Aceh Barat yang dalam forum diskusinya tampak dihadiri oleh Sekdakab Aceh Barat Marhaban, SE, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution, Plt. Kadis Pangan Aceh Barat Kamarlisnur, Kabid Distribusi Pangan Masti Hanis, SP, dan unsur Forkopimda lainnya.

Dalam Segalanya, Kabid Distribusi mengulik maksud dan tujuan diadakannya musyawarah ini adalah untuk menyerap dan masukan informasi dari para Stakeholder guna mendukung percepatan pembangunan Ketahanan Pangan khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

“Kegiatan ini merupakan stimulan untuk memberikan motivasi kepada Bapedda agar mengagendakan musyawarah Hanpangan setiap Tahunnya dengan melibatkan seluruh SKPK yang berkaitan dengan sektor Pertanian. Perencanaan dan implementasinya harus bersinergi serta terintegrasi, sehingga dampak pertumbuhan ekonomi dapat terkoneksi indikatornya”, urai Masti Hanif

Masih dalam Forum yang sama, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution menambahkan bahwa sektor Ketahanan Pangan merupakan atensi besar dari Institusi Angkatan Darat selama ini.

“Bidang Ketahanan Pangan ini secara mendasar telah Kami laksanakan. Bahkan dimusim kemaraupun Kami tetap bekerja maksimal untuk cocok tanam Padi. Kendati pasokan udara minim, namun Kami tetap berinovasi dan berkreasi bagaimana bagaimana kebutuhan udara tetap tercukupi. Disini Kami ingin getok tularkan atau memberi contoh kepada masyarakat, kendati kemarau tetap bisa cocok tanam dan berhasil secara optimal. Kodim bisa apalagi masyarakat yang berprofesi sebagai Petani pasti lebih bisa”, lugas Dandim

Kemudian Sekdakab Marhaban, SE, menimpali, momentum ini sangatlah baik untuk mewujudkan Ketahanan Pangan dan stabilitas harga Pangan pokok yang muaranya demi mensejahterakan masyarakat.

“Program Ketahanan Pangan menjadi langkah yang sangat strategis dan konkrit untuk menjawab isu-isu prioritas saat ini, yakni seperti penanggulangan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi daerah sekaligus mendorong percepatan penurunan stunting. Untuk itu, seluruh pemangku kepentingan, mari Kita memperkuat komitmen aktif dengan memberikan masukan, saran dan gagasa guna melahirkan berbagai inovasi maupun program kerja kedepan yang dapat memberikan azas manfaat seluas – luasnya bagi kesejahteraan masyarakat”, pungkas Sekdakab

 

(@red_SAH)