Sambut Hari Nusantara 2023, ASDP Maluku Tambah Jadwal Pelayaran

Pelabuhan Ternate (Foto: Antara)

TERNATE,-  Dalam mendukung kelancaran mobilitas masyarakat yang menggunakan angkutan ferry jelang acara puncak penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 pada 13 Desember mendatang, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Maluku Utara, menambah jadwal pelayaran kapal dari Pelabuhan Bastiong Ternate ke Pelabuhan Rum, dimana yang semula jadwalnya 3 kali akan menjadi 6 kali.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Puncak acara tersebut. Karena Hari Nusantara 2023 akan dipusatkan di Provinsi Maluku Utara oleh Pemerintah Pusat tepatnya di Kota Tidore Kepulauan pada 10-13 Desember.

“Penambahan jadwal pelayaran tersebut untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat yang menggunakan angkutan ferry itu menjelang acara puncak penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 pada 13 Desember mendatang,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Ardian.

Penambahan jadwal pelayaran tersebut tambah Ardian, menyusul permintaan dari panitia daerah sebagai langkah antisipasi terjadinya penumpukan di area pelabuhan.

“Kita tahu kegiatan Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan itu akan banyak masyarakat yang menyeberang dari dan ke Kota Ternate, selain menambah jadwal pelayaran, juga kita siapkan enam unit kapal,” kata Ardian.

Sebelumnya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, membuka pelayaran speedboat dan kapal kayu selama 24 jam selama penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 yang akan dihelat di Kota Tidore Kepulauan pada 10 – 13 Desember mendatang.

“Kami diminta dari panitia untuk pelayaran speedboat dan kapal kayu dibuka 24 jam, agar bisa melayani mobilitasi masyarakat dan para tamu dari Ternate ke Tidore atau sebaliknya,” kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad.

Ia pun menjelaskan, dengan dibukanya pelayaran 24 jam itu, pengecekan kapal harus di cek layak atau tidak untuk dioperasikan, sehingga tidak mengganggu pelayaran bagi masyarakat maupun tamu lainnya dari dan ke Ternate.

Untuk pengawasannya, pihaknya juga akan menerjunkan petugas di Pelabuhan, baik di Pelabuhan Bistong maupun Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua. Sedang untu VVIP akan dilayani dari pelabuhan Ahmad Yani Ternate maupun Pelabuhan Resident yang berada di Kecamatan Ternate Tengah.