Bangun Infrastruktur Desa Melalui Program TMMD, Kodim 0909/Sangatta Kerahkan Ratusan Personil

oleh -4 views

KUTAI TIMUR – 150 personil TNI dikerahkan dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Kodim 0909/Sangatta yang dipusatkan di Desa Bangun Jaya dan Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutim.

Ratusan personil tersebut direncanakan bersama masyarakat menjadi tulang punggung pelaksanaan program yang menyasar berbagai obyek fisik yang telah ditentukan.

Komandan Kodim 0909/Sangatta, Letkol Czi Pabate melalui Pasiter Kapten Arh Muji didampingi Pasi Ops Kapten Inf Imam mengatakan bahwa ratusan personil yang baru datang di lokasi TMMD sore ini, besok semuanya akan dikerahkan dan dibagi untuk melaksanakan program fisik TMMD. Senin, (29/06/2020).

“Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Batalyon 611/Awang Long, Zipur, Rudal, Polisi Militer, Kodim 0909/Sangatta, Angkatan laut dan juga dari Polri, mereka semua akan dibagi menjadi beberapa team, jumlah personil setiap team disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” jelasnya.

Pasiter juga menyebutkan, untuk program pembuatan jalan tembus yang menghubungkan Desa Bangun Jaya dan Desa Bukit Harapan sepanjang 2170 meter dengan lebar badan jalan 6 meter dirinya akan mengalokasikan sebanyak 30 personil TNI ditambah dengan masyarakat dan juga instansi lain dalam pengerjaannya.

Selebihnya akan dibagi untuk mengerjakan pembangunan sarana fisik lainnya seperti pembangunan jembatan penghubung, renovasi musholla, renovasi rumah tidak layak huni dan sarana fisik lainnya.

Selain itu pasiter juga menambahkan, selain sasaran fisik, ada juga sasaran non fisik yang menjadi target dalam pelaksanaan program tersebut.

Untuk sasaran non fisik dilaksanakan Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Kesehatan, Penanganan Percepatan Covid-19 dan sosialisasi Perekrutan Penerimaan Prajurit TNI-AD. Hal ini dilakukan untuk peningkatan pengetahuan, mempercepat penanganan Covid-19 serta kemanunggalan antara TNI dan masyarakat yang menjadi lokasi TMMD.

“Harapannya adalah dengan kegiatan ini dapat menjadi akselerator pembangunan di Desa, sehingga peningkatan perekonomian masyarakat juga dapat tercipta,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *