Dandim 0613/Ciamis Apresiasi Babinsanya Dukung Program Ketahanan Pangan

oleh -13 views

Banjar – Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., sangat mengapresiasi atas inovasi anggotanya, Sertu Hendar Anggota Koramil 1325/Langensari yang telah memberikan motivasi masyarakat Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar untuk menggalakkan pengembangan budidaya tanaman Jamur Tiram.

“Inilah salah satu langkah upaya pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah Pusat di tengah masa pandemi Covid-19,” ujar Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., kepada awak media seusai peninjauan lokasi budidaya Jamur Tiram milik anggota Kodim 0613/Ciamis di Jalan Madjalikin Dusun Sukanegara Rt.02 Rw.01, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (10 Agustus 2020).

Lebih lanjut, Dandim mengungkapkan, anggotanya itu memang telah berhasil melakukan budidaya tanaman Jamur Tiram dan ini sangat dapat menginisiasi anggota yang lain untuk mencoba budidaya Jamur Tiram.

“Saya salut dengan yang bersangkutan. Bisa sukses dari sekedar hobi, dikembangkan dengan perjuangan dan akhirnya Sersan Hendar dan keluarga bisa menghasilkan provit dari hanya yang sekedar hobi jamur dari mulai pembibitan dan dikembangkan hingga sebagian diolah menjadi jamur crispy,” ungkapnya.

“Saya selaku Komandan yang bersangkutan mengapresiasi atas kreativitas Sersan Hendar beserta istri,” imbuhnya.

Dandim menambahkan, budidaya tanaman Jamur ini sebetulnya sudah ada beberapa anggota yang mencobanya. Namun beberapa anggota lain terkendala oleh sesuatu hal sehingga belum bisa mengembangkannya seperti Sertu Hendar.

“Nanti kita sampaikan siapapun yang mau mengikuti jejak dan langkah yang diambil oleh rekan kita ini, kita adakan pelatihan. Siapapun yang ingin mengikutinya tidak menutup kemungkinan dari luar anggota. Kegiatan budidaya ini turut membantu perekonomian dari anggota TNI khususnya Kodim 0613/Ciamis,” katanya.

Sebagai informasi, Sertu Hendar mengawali budidaya Jamur Tiram tersebut sejak tahun 2015 silam. Dia mengawalinya dari sekedar hobi kemudian dikembangkan dan akhirnya membuahkan hasil.

Hasilnya tersebut tidak hanya dalam bentuk jamur mentah, dia juga mengolahnya menjadi makanan jadi berupa Jamur Crispy dan Sate Jamur ketika ada pameran. Selain Jamur Crispy dan pare Crispy, Sertu Hendar juga melakukan penjualan bibit Jamur dalam bentuk Bag Log untuk mereka yang ingin memulai mengikuti jejaknya sebagai pembudidaya Jamur Tiram. Pendim 0613/Ciamis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *