DPRD Pacitan Silaturahmi dengan Insan Pers, Ini Harapan Ketua Ronny Wahyono

Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Ronny Wahyono Saat Pidato (Foto: Joko)

PACITAN,- Dalam mendekati pemilu 2024 nanti, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pacitan memiliki kedekatan yang semakin baik. Pasalnya, dalam upaya merangkul insan pers, pihak DPRD mengadakan silaturahmi yang diadakan di tempat parkir kantor DPRD, Minggu (26/11/23).

Meskipun nampak sederhana, namun hal ini dapat menjalin kedekatan dan keakraban antara insan pers dengan anggota DPRD Kabupaten Pacitan baik dalam segi menciptakan keamanan dan kenyamanan disaat pelaksanaan pesta demokrasi 2024.

Bacaan Lainnya

Ronny Wahyono, sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pacitan bahwa peran pers dalam menghadapi pemilu 2024 agar bisa menjaga kondisifitas dan juga menjadi benteng informasi-informasi yang tidak benar atau disinformasi ataupun yang hoax dimana nanti bisa mungkin beredar. “Kami harapkan pers nanti bisa menjadi yang terpercaya,” katanya.

Tidak seperti halnya di medsos dimana setiap orang bisa menulis, Ronny menambahkan bahwa fungsi pers ini adalah melakukan klarifikasi. “Jadi, misalkan ada di medsos muncul berita terkait dengan si A begini B begini C Begini Nah Ternyata kalau tidak benar nanti pers bisa menulis tentang kebenaran hal tersebut begitu sehingga harapannya semakin lama informasi yang masuk di masyarakat itu benar-benar tersaring dan masyarakat juga semakin terdidik,” tambahnya.

Tak hanya disitu saja, fungsi pers disaat menemukan kecurangan dalam pasangan kampanye dapat melaporkan kepada Panwaslu ataupun kepada yang berwenang hingga nanti dapat ditindaklanjuti dengan bagaimana tindak lanjut terhadap penyelidikan.

“Tentunya, ketika ada kecurangan monggo dilaporkan kepada yang berwenang. Untuk rakyat diproses di tindaklanjuti dan pers tentunya nanti akan mengumumkan, memberitakan terkait dengan proses tersebut mulai dari awal masuk proses sampai dengan hasilnya bagaimana begitu sehingga masyarakat juga akhirnya bisa mengikuti perkembangan berita tersebut,” bebernya.

Harapan Ketua DPRD, pers bisa semakin independen lalu juga kredibel dalam memberitakan berita yang aktual yang akurat serta bertanggung jawab terhadap kemajuan Kabupaten Pacitan sebagai salah satu unsur dalam pentahelix dalam rangka membangun Pacitan bersama-sama yaitu unsur pemerintah daerah, dunia usaha, masyarakat, akademisi dan media.

“Kami harapkan di sini, pers juga punya kewenangan tapi juga punya tanggung jawab. Yang harus disadari bahwasanya kemajuan Kabupaten Pacitan ini juga bisa dipengaruhi oleh media itu sendiri sehingga kalau media ini bisa bersikap yang baik, artinya kredibel, akurat beritanya juga mendidik, positif dan sebagainya, harapannya bisa menjadikan suasana Pacitan menjadi lebih kondusif nyaman dan di mata para investor, di mata para para dunia usaha itu juga baik sehingga harapannya juga akan semakin banyak investor yang menenangkan usahanya di Pacitan yang tentunya nanti akan mberdampak terhadap pengurangan lapangan pekerjaan di daerah juga akhirnya pengurangan pengangguran sehingga akhirnya banyak yang bekerja,”pungkasnya.