Menhan Prabowo Subianto dan SBY Berencana Hadiri Peringatan Tsunami Aceh

sby-prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menyambut kedatangan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Hambalang, Bogor. (Istimewa)

JAKARTA,- Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan RI berencana malaksanakan kegiatan bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara peringatan tsunami Aceh Selasa (26/12/23).

Kegiatan tersebut dibenarkan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Nusron Wahid  menegaskan kehadiran Prabowo ke acara tersebut kapasitasnya sebagai Menhan.

Bacaan Lainnya

“Ya betul. Besok dalam kapasitas sebagai Menhan bersama Presiden ke-6 SBY, ada acara di Aceh. Kegiatan betul peringatan 19 tahun Tsunami Aceh,” kata Nusron kepada wartawan, Senin (25/12/23).

Untuk acara peringatan tsunami Aceh ini akan dihadiri juga oleh para tokoh dan hulu balang Aceh dengan jumlah peserta sekitar 250 orang.

“Hulu balang dan tokoh Aceh bersama Pak SBY. Sekaligus memperingati tsunami dan perdamaian Aceh di Hotel Hermes,” kata Nusron.

Sementara Ketua Umum Partai demokrat Agus HariMurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ziarah ke makam kuburan massal Siron, Aceh, Senin (25/12/23) dalam rangka memperingati 19 tahun bencana tsunami di Aceh.

“Memperingati 19 tahun bencana tsunami Aceh, saya bersama Pak SBY ziarah ke kuburan makam Siron. Di sini 46.718 korban gempa tsunami dikebumikan secara massal. Bencana alam yang sampai saat ini masih menyisakan duka bagi kita semua. Alhamdulillah, kini Aceh terus bangkit. Doa kami bersama seluruh warga Aceh,” kata AHY melalui keterangannya, Senin (25/12/23).

Dalam sambutannya, SBY mengingatkan, tanah Aceh pernah mengalami tragedi besar. Ia berharap para pemimpin bangsa dapat memberikan keadilan dan kesejahteraan lebih baik ke depannya.

“Tempat ini dulu saya bersama almarhumah istri tercinta dan Menteri Agama (almarhum) melihat jenazah para syuhada (korban tsunami Aceh),” jelas SBY.

Bahkan, selama menyampaikan pidato nampak SBY beberapa kali mengusap air mata yang jatuh di pipi dan suara yang terbata-bata di tengah sambutannya.

Dirinya mengatakan, musibah Aceh adalah salah satu cobaan paling berat dihadapi oleh masyarakat Aceh pada waktu itu.

SBY pun berharap semoga Aceh semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Setelah doa bersama,AHY dan SBY juga melakukan tabur bunga secara bersama-sama. Tampak hadir pula dalam acara tersebut antara lain, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Aceh Muslim.