Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan Berikan Anugerah Swasti Saba Wiwerda 2023

anugerah
Penyerahan Swasti Saba Wiwerda di Gedung Karya Dharma Pacitan (Foto: Humas Kominfo Pacitan)

PACITAN,-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pacitan selaku koordinator pemberian Swasti Saba Wiwerda 2023 merupakan bentuk penghargaan terhadap Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria dimana memiliki capaian nilai 81 sampai dengan 90.

Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan momen tersendiri bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan dalam menuju Swasti Saba Wistara di tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Pemberian Swasti Saba Wistara ini diberikan kepada bagi mereka yang memenuhi setidaknya 9 indikator  yang kemudian dievaluasi dan harus menjadi prioritas untuk mendorong indikator yang sudah disiapkan, dimana Wistara harus mempunyai angka 91 sampai dengan 100 agar derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pacitan semakin meningkat dan berkualitas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, dr. Daru Mustiko Aji, dalam sambutannya (19/12/23) mengatakan,” Forum kabupaten sehat berperan terhadap kesehatan.”

Daru juga mengaku, target pendekatan selanjutnya adalah meningkatkan komunikasi yang maksimal, utamanya penguatan di lini kecamatan dan desa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho saat membuka acara mewakili Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi capaian tersebut.

Capaian dan target kedepannya akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara utuh. Namun pesan Bupati adalah supaya momentum tersebut tidak berakhir pada ceremony semata. Implementasi yang nyata harus dilakukan.

Dalam kesempatan yang sama, Heru juga menyampaikan penyerahan 5 ambulance kepada Donorojo, Punung, Kebonagung Tulakan dan Sukerejo. “Kami berharap ini dapat mempercepat akses kesehatan masyarakat,” ungkap Seda.

Acara tersebut berbagai penghargaan diberikan diantaranya kepada:

  1. Tatanan Kehidupan Masyarakat Yang Sehat Mandiri : Desa Hadiwarno
  2. Tatanan Pemukiman Dan Fasilitas Umum : Kelurahan Pucangsewu
  3. Tatanan Satuan Pendidikan : SD Alam Pacitan
  4. Tatanan Pasar Rakyat : Pasar Minulyo Pacitan
  5. Tatanan Perkantoran Dan Perindustrian : CV. Games Toya Desa Pagerejo
  6. Tatanan Transportasi Dan Tertib Lalulintas Jalan Terminal : Punung
  7. Tatanan Perlindungan Sosial Dan Pencegahan : Desa Cemeng
  8. Tatanan Pariwisata Pantau Srau : Desa Candi
  9. Tatanan Pencegahan Penanganan Bencana : Desa Kembang.