Dandim 1604/Kupang Hadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI AL Pakubaun

peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI AL, di Dusun Riung, Desa Pakubaun, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang

KUPANG – Danlantamal VII Laksma TNI I Putu Darjatna, M.Tr. Opsla bersama rombongannya melaksabakan kegiatan peresmikan Kampung Bahari Nusantara TNI AL, di Dusun Riung, Desa Pakubaun, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Senin (4/12/2023).

 

Rombongan yang turut mendampingi Danlantamal VII pada acara peresmian tersebut, Asintel Danlantamal VII Kolonel Laut (H) Christianto Nugroho, S.H., C.Bei, Asrena Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Ahmad Efendi, S.T, Aspotmar Danlantamal VII Kolonel Laut (KH) Joni Efendi, S.Pd, Ketua Koorcab DJA VII Ibu Retno Putu Darjatna beserta pengurus, Dantim Intel Lantamal VII Letkol Laut (P) Supriyono, S.T., M.T, Kadis Potmar Lantamal VII Letkol Laut (PM) Bendot Ariyanto, Ka Akun Lantamal VII Letkol Laut (S) Abubakar Adisaputra, S.E., M.Tr.Hanla, Paban Spotmar Lantamal VII Letkol Laut (KH) Cholil, Paban Renpuan Dispotmar Lantamal VII Mayor Laut (T) Heru.

 

Turur hadir dalam acara peresmian, Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno, Dandim 1604/Kupang diwakili oleh Danramil 1604-04/Amarasi Kapten Inf I Ketut S. Andhika, Kapolres Kupang diwakili oleh Kabag ops AKP Made Kumara, Kepala Bank NTT Cabang Oelamasi Bapak Fransiskus Bolitobi, Camat Amarasi Timur Niko Funan, Kepala Desa Pakubaun Bildat Runesi, Kapoksek Amarasi Timur Iptu Alexander Besi, Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh masyarakat, dan Tokoh Pemuda serta Warga Desa Pakubaun.

 

Bupati Drs. Korinus Masneno dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada TNI AL terkhususnya Komandan Lantamal VII dan seluruh jajarannya yang menginisiasi terbentuknya Kampung Bahari Nusantara ini.

 

Hal ini telah menjadi bukti nyata akan adanya sebuah sinergitas yang kokoh antara TNI bersama rakyat dalam upaya peningkatan di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi dan pertahanan. Bidang-bidang ini apabila di cermati, merupakan bidang dalam pemerintahan yang memiliki pengaruh strategis terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Sebab hanya dengan kehadiran dan keberadaan masyarakat yang cerdas dan berjiwa sehatlah, maka sumber daya dan potensi daerah yang dimiliki, dapat dimanfaatkan menuju masyarakat yang sejahtera hingga akhirnya bermuara pada kesadaran keamanan dan ketertiban, sebagai aset pertahanan nasional.

 

Untuk itu terhadap lima klaster utama dalam program Kampung Bahari Nusantara yakni klaster ekonomi yang berfokus pada pembinaan UMKM, klaster edukasi melalui pembentukan rumah pintar, klaster kesehatan dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat, serta klaster pariwisata yang bertujuan untuk menciptakan desa sebagai destinasi wisata bahari adalah merupakan kegiatan yang dipastikan akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat Kab. Kupang.

Kepada Camat Amarasi Timur dan Kepala Desa Pakubaun, tunjukkan kebanggaan dan peran penting saudara, ketika Desa Pakubaun dipilih sebagai pilot project KBN. Dorong dan edukasi masyarakat untuk aktif mendukung kesuksesan kegiatan ini dengan menjaga semua sarana dan prasarana yang sudah ada dan dirawat bila perlu yang sarana prasarana yang sudah dibangun ini harus ditingkatkan secara maksimal sehingga dapat berlanjut membantu mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera.

“Hanya dengan konsep dan cara berpikir seperti inilah, kita terhindar dari keterbelakangan untuk kemudian maju dan sejajar dengan daerah – daerah lain di Provinsi NTT maupun di Republik ini. Akhir kata izinkanlah saya untuk sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pangkalan Angkatan Laut VII. Semoga dengan diresmikannya KBN ini dan dengan semboyan, kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, kita dapat mewujudkan Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera”, pesan Korinus.

Danlantamal VII dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan UU no 34 Tahun 2004 tentang TNI, tugas pokok TNI dilaksanakan melalui OMP dan OMSP. Adapun tugas pokok TNI khususnya TNI AL dalam pelaksanaan OMSP salah satu diantaranya adalah pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung dengan sistem pertahanan semesta.

Tugas ini sangat penting untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara yang dipersiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan dengan pendukungnya berupa sumber daya nasional.

Salah satu implementasi dari pemberdayaan wilayah pertahanan tersebut adalah pembentukan Kampung Bahari Nusantara yang kami bangun di Desa Pakubaun. Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu perwujudan tugas TNI AL untuk dapat berkontribusi aktif dalam membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan, menjaga ketahanan pangan, meningkatkan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memantapkan kemanunggalan TNI AL bersama rakyat untuk kepentingan negara, sehingga diharapkan dapat terwujudnya masyarakat maritim yang mencintai wilayahnya dan menjaga kelestarian laut di wilayahnya.

Ada 5 cluster utama yang menjadi bagian pembangunan program Kampung Bahari Nusantara yaitu cluster Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata dan Cluster Pertahanan. Cluster edukasi yakni meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui pembangunan rumah pintar.

Kemudian cluster ekonomi yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembinaan kelompok usaha mikro kecil menengah dan pendampingan.

Cluster kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyuluhan dan sosialisasi hidup sehat serta memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan, peralatan medis dan obat-obatan.

Cluster pariwisata juga menjadi program utama dalam pembangunan Kampung Bahari Nusantara dengan menciptakan desa sebagai destinasi pariwisata melalui pemeliharaan dan pelestarian sumber daya alam dan sumber daya buatan, dan untuk Cluster pertahanan di mana masyarakat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan negara.

Upaya penguatan cluster-cluster tersebut sebagai komponen dalam pembangunan Kampung Bahari Nusantara tentunya sangat membutuhkan sinergitas dari seluruh komponen dalam instansi pemerintahan dan masyarakat. Karena itulah saya mengharapkan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat terus berkelanjutan dengan dukungan serta kontribusi positif dari semua pihak, baik pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur dan pemerintah Kabupaten Kupang, Kepala BUMN, Kadin serta partisipasi tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama Kabupaten Kupang sehingga tujuan dari pembangunan Kampung Bahari Nusantara di desa pakubau dapat terlaksana sesuai rencana dan menjadi role model bangunan Kampung Bahari Nusantara di wilayah provinsi NTT lainnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Kupang beserta seluruh jajarannya, Kepala PLN Kabupaten Kupang, GM. Pelindo Kelas III Tenau, Kepala Bank NTT Cab. Oelamasi, serta seluruh komponen masyarakat dan peran sertanya, sehingga pembentukan Kampung Bahari Nusantara di Desa Pakubaun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ucap Danlantamal VII Laksma TNI I Putu Darjatna.

(S.A.H)