KPUD Pacitan Lakukan Diskusi dengan Tokoh-Tokoh Hadapi Pemilu 2024

Ketua KPU Daerah Kabupaten Pacitan Sulis Styorini (Foto: Joko)

PACITAN,- Menciptakan pemilu yang aman, tentram dan damai merupakan impian bagi masyarakat khususnya warga Pacitan, dimana selama pelaksanaan pemilu dari tahun-tahun sebelumnya Pacitan tidak pernah terjadi hal yang tidak diinginkan.

Namun meskipun demikian, dalam menghadapi pemilu di tahun 2024 nanti, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan dalam upaya menciptakan pelaksanaan pemilu yang kondusif, aman dan damai ini, pihaknya juga berupaya untuk mengundang beberapa forum seperti forum pemuda dan juga tokoh-tokoh masyarakat, pimpinan perguruan tinggi, tokoh ormas dan juga perwakilan media untuk bersama-sama berdiskusi.

Bacaan Lainnya

KPU pun banyak meminta masukan-masukan bagaimana untuk mewujudkan keberhasilan dan kesuksesan dalam pelaksanaan pemilu karena dari hasil yang didapatkan. “Nah ini tadi hasil dari pelaksanaan banyak sih yang kita dapatkan, misalkan saja terkait dengan bagaimana model sosialisasi yang aktif, terus kemudian juga bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih dan juga bagaimana cara menghindari permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul nanti,” kata Ketua KPU Kabupaten Pacitan Sulis Styorini di kantornya, Rabu (29/11/23).

Lebih lanjut, KPU yang notabene sebagai penyelenggara pemilu, Sulis mengaku telah menyiapkan aturan-aturan dan juga melakukan sosialisasi dan pencegahan yang akan terjadi nanti.

Sedang terkait masalah kotak, tinta dan surat pemilih KPU sudah mempersiapkan jauh hari, dan tinggal menunggu kedatangan kotak pemilih yang saat ini masih di tingkat propinsi.

Selain itu dalam waktu dekat nanti, KPU akan melaksanakan rekrutmen KPPS agar nanti lebih siap dalam penyelenggaraan. “Dalam waktu dekat kami akan melaksanakan rekrutmen KPPS untuk penyelenggara di tingkat TPS. Memang KPU lebih mengawalkan rekrutmen ini,” pungksanya.

Untuk menjamin keamanan pengedropan kotak suara dan logistik di tiap TPS-TPS hingga selesainya pemilihan nanti, KPU juga sudah berkomitmen dengan TNI dan Polri.